Senin, 02 Mei 2011

Paedagogi???


Pernah denger istilah Paedagogi??? Hmmmm... sejujurnya ni, saya juga baru mendengar istilah ini setelah masuk perkuliahan di Fakultas Psikologi... huhuhuh... malu saia.. ternyata begitu minim pengetahuan yang saya miliki selama ini.. nah, kali ini saya akan membantu pembaca untuk lebih mengetahui tentang istilah yang satu ini.. yuukkk!!!
Paedagogi adalah program pendidikan yang diberikan untuk anak-anak. Paedagogi berasal dari bahasa Yunani, yaitu “paedagogia” yang berarti pergaulan dengan anak-anak. Sedang paedagogos ialah seorang pelayan pada jaman yunani kuno yang pekerjaannya mengantar dan menjemput anak-anak sekolah. Paedagagos berasal dari kata “paid” yang artinya “anak” dan “agogos”yang artinya “memimpin atau membimbing”. Dari kata ini maka lahir istilah paedagogi yang diartikan sebagai suatu ilmu dan seni dalam mengajar anak-anak.
Paedagogi dipandang sebagai suatu proses atau aktifitas yang bertujuan agar tingkah laku manusia mengalami proses tersebut mendapat perubahan. Tingkah laku seseorang adalah setiap respons yang dapat dilihat atau diperlihatkan oleh orang lain. Paedagogi termasuk ilmu yang sifatnya teoritis dan praktis. Karena itu paedagogi banyak berhubungan dengan ilmu-ilmu lain seperti: ilmu sosial, filsafat dan tentunya ilmu psikologi.
Paedagogi terbatas pada ilmu pendidikan anak atau ilmu mendidik anak. Menurut M.J. Langeveld, pendidikan baru terjadi ketika anak telah mengenal kewibawaan, syaratnya yaitu terlihat pada kemampuan anak memahami bahasa, karena sebelum itu dalam pedagogik anak tidak disebut telah dididik yang ada adalah pembiasaan. Sedang batas atasnya yaitu ketika anak telah mencapai kedewasaan atau bisa disebut orang dewasa.

Mengapa Pedagogik diperlukan?
Ada dua alasan yang melandasinya jawaban dari pertanyaan ini, yaitu bahwa paedagogi sebagai suatu sistem pengetahuan tentang pendidikan anak diperlukan, karena akan menjadi dasar bagi praktek mendidik anak. Selain itu bahwa paedagogi akan menjadi standar atau kriteria keberhasilan praktek pendidikan anak. Kedua, manusia memiliki motif untuk mempertanggungjawabkan pendidikan bagi anak-anaknya, karena itu agar dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah, praktek pendidikan anak memerlukan paedagogi sebagai landasannya agar tidak jadi sembarangan.
Untuk meyakinkan lebih jauh, paedagogi jelas memiliki kegunaan diantaranya bagi pendidik untuk memahami fenomena pendidikan secara sistematis, memberikan petunjuk tentang yang seharusnya dilaksanakan dalam mendidik, menghindari kesalahan-kesalahan dalam praktek mendidik anak juga sebagai ajang untuk mengenal diri sendiri dan melakukan koreksi demi perbaikan bagi diri sendiri.
By : Sri Rizki Amanda, 10-017

Sumber :

2 komentar:

Rizqi Chairiyah mengatakan...

menarik kali kata.kata yang digunakan rin .
mudah dipahami jadinyh . :)

sRi RiZki AmanDa mengatakan...

tengqyu kiki... moga bisa berguna jd bahan bacaann..:)

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates