Pentingnya mempelajari proses pwerkembangan kognitif dan bahasa anak adalah untuk dapat memahami bagaimana seorang anak itu belajar. Memberikan pendidikan yang sesuai untuk anak dalam berbagai usia bukanlah hal yang mudah, karena itu kita harus tahu pendidikan yang mana saja bagi anak mudah dipahami.nperkembangan kognitif anak dijelaskan dakam 2 teori :
a. Teori Piaget. Dimana Piaget memngatakan bahwa perkembangan kognitif terjadi dalam 4 tahapan :
- Fase Sensorimotor
- Fase Praoperational
- Fase Operational Konkret
- Fase Operational Formal
(Santrock, 2010, hal. 47)
b. Teori Vygotsky, dimana ada 3 yang menjadi inti pandangan Vygotsky :
- Keahlian kognitif anak dapat dipahami apabila di analisis dan diinterpretasikan secara developmental
- Kemampuan kognitif dimediasi dengan kata, bahasa, dan bentuk diskursus, yang berfungsi sebagai alat Psikologis untuk membantu dan mentransformasi aktivitas moral
- Kemampuan kognitif berasal dari relasi sosial dan dipengaruhi oleh latar belakang sosiokultural
(Santrock, 2010, hal. 60)
Perkembangan bahasa anak perlu dalam perkembangan kognitif anak. Dengan bahasa, murid dan guru dapat berkomunikasi dan berinteraksi dalam proses belajar mengajar. Bahasa adalah alat komunikasi, berupa lisan maupun tulisan didasarkan pada lambang bunyi. Bahasa mempunyai aturan berupa fonologi (sistem suara bahasa), morfologi (aturan mengombinasikan morfem sebagai kesatuan bahasa terkecil), semantik (makna dari kata), sintaksis (cara mengombinasikan frasa dan kalimat), dan pragmatis (penggunaan percakapan yang tepat). Kemampuan perkembangan bahasa seseorang sangat tergantung darimana seorang anak berasal dan bagaimana lingkungannya.
Sumber : Santrock, John W. 2010. Psikologi Pendidikan, Edisi Kedua. Jakarta : Kencana
By : sRi RizKi AmAndA
Medan, 6 Februari 2010.....
0 komentar:
Posting Komentar