Paedagogi tidak hanya sekedar tentang iilmu dan seni mengajar, melainkan ada hubungannya dengan pembentukan generasi baru, yaitu pengaruh pendidikan sebagai system yang bermuara pada pengembangan peserta didik. Paedagogi (kata benda) bermakna ilmu pendidikan atau ilmu pengajaran. Kata sifat untuk istilah paedagogi adalah paedagogis. Istilah paedagogis bermakna bersifat paedagogi atau studi paedagogi, atau bersifat mendidik. Makna yang lebih luas dari paedagogis adalah sadar terhadap arah tujuan dan ciri dasar dari proses paedagogi.
Danilov (1978) mendefinisikan istilah paedagogis sebagai proses interaksi terus menerus dan saling berasimilasi antara pengetahuan ilmiah dan pengembangan siswa. Asimilisasi tersebut berkaitan dengan antusiasme mereka untuk mengetahui diverifikasi dalam proses kerja yang intensif dan aktif.
Terus kalau uda dapat pengertian paedagogis, apa dong prinsip paedagogis????
Prinsip paedagogis adalah tesis dasar teori psikopaedagogis, pada arah proses paedagogis yang menjadi standard an prosedur tindakan untuk menentukan dasar paedagogis yang paling penting dalam proses pendidikan kepribadian.
Nah, menurut Addline (2001), di antara prinsip-prinsip paedagogis itu adalah kesatuan karakter ilmiah dan ideologis dari proses paedagogis. Karakter ilmiah dan ideologis ini menyoroti bahwa setiap proses paedagogis harus terstruktur berdasarkan temuan yang paling maju di bidang sains kontemporer dan dalam koorespondensi total dengan ideology kita. Selain itu, prinsip hubungan sekolah dan kehidupan didasarkan pada dua aspek penting: kaitan antara kehidupan dan pekerjaan sebagai kegiatan yang mendidik manusia. Prinsip lain yang beroreintasi proses ini adalah salah satu yang mengombinasikan karakter kolektif dan individual pendidikan, serta penghormatan terhadap kepribadian siswa. Yang berarti, jika proses paedagogis terjadi dalam konteks sekelompok orang, yang dikumpulkan sesuai dengan kriteria yang berbeda dan mengadopsi karakteristik tertentu, setiap anggota memilki kekhususan unik yang membedakan dia dari yang lain, dan memiliki hak untuk dipertimbangkan dan dihormati juga.
Prinsip berikutnya adalah merujuk pada kesatuan pengajaran, pendidikan dan perkembangan proses, karena didasarkan pada kesatuan dialektis antara pendidikan dan pengajran yang harus terkait dengan kegiatanpembangunan pada umumnya. Proses paedagogis juga menganut prinsip bahwa domain kognitif dan afektif tidak bisa berada dalam suasana yang kering (proses paedagogis harus terstruktur berdasarkan dan hubungan antara kondisi manusia: kemungkinan mengetahui dunia sekitarnya dan dunianya sendiri, serta pada saat yang sama perasaan dan tindakankemungkinan menjadi terpengaruh oleh dunia itu).
Prinsip yang terakhir adalah bahwa masing—masing subsitem aktivitas, komunikasi, dan kepribadian saling terkait satu sama lain. Misalnya, aspek kepribadian dibentuk dan dikembangkan atas aktivitas dan melalui proses komunikasi.
0 komentar:
Posting Komentar